Show simple item record

dc.contributor.authorYULI HIDAYATI
dc.date.accessioned2014-01-23T01:57:19Z
dc.date.available2014-01-23T01:57:19Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210274077
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21720
dc.description.abstractKata kunci : Pembelajaran Kooperatif NHT, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yan sesuai dengan kurikulum, uru cenderung mengunakan teknik yang monoton sehingga membuat motivasi belajar siswa rendah dan akibatnya hasil belajarnya juga menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (3) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menngikuti pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan Kelas III SDN Tegalwaru 04. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalawaru 04 kelas III yang terdiri dari 16 siswa, 9 perempuan dan 7 laki-laki. Siswa dibagi mejadi 5 kelompk yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu pengambilan data mulai dilakukan tanggal 1 februari 2011 sampai 25 mei 2011 v dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tegalwaru 04 Kec. Mayang Kab. Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase motivasi siswa selama pembelajaran IPS pada pokok bahasan jenisjenis pekerjaan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan media gambar adalah : pada siklus I persentase hasil motivasi siswa dengan kriteria sangat baik 14,06%, siklus II sebesar 76,56% dari hasil tes akhir yang dilakukan pada siklus I siswa yang tuntas belajar 43,75 % sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 75 Kesimpulan dari penelitian ini siswa mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani untuk mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274077;
dc.subjectKOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHERen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS III SDN TEGALWARU 04 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record