dc.description.abstract | Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif NHT, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.
Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD
hanya untuk tujuan yan sesuai dengan kurikulum, uru cenderung mengunakan
teknik yang monoton sehingga membuat motivasi belajar siswa rendah dan
akibatnya hasil belajarnya juga menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan
pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (2) untuk
mengetahui motivasi belajar siswa dan aktivitas guru dalam menerapkan
pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (3) untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menngikuti pembelajaran
kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan jenis-jenis pekerjaan Kelas III SDN Tegalwaru 04.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalawaru 04 kelas III yang terdiri
dari 16 siswa, 9 perempuan dan 7 laki-laki. Siswa dibagi mejadi 5 kelompk yang
heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu
pengambilan data mulai dilakukan tanggal 1 februari 2011 sampai 25 mei 2011
v
dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tegalwaru 04 Kec. Mayang Kab.
Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, aktivitas guru dan tes
individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa
persentase motivasi siswa selama pembelajaran IPS pada pokok bahasan jenisjenis
pekerjaan
menggunakan
pembelajaran
kooperatif
dengan
media
gambar
adalah
:
pada
siklus
I
persentase
hasil
motivasi
siswa
dengan
kriteria
sangat
baik
14,06%,
siklus
II
sebesar
76,56%
dari
hasil
tes
akhir
yang
dilakukan
pada
siklus
I
siswa
yang
tuntas
belajar
43,75 %
sedangkan
pada
siklus
II
siswa
yang
tuntas
belajar
sebesar
75
Kesimpulan dari penelitian ini siswa mengalami peningkatan motivasi dan
hasil belajar pada penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media
gambar pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dapat menciptakan
pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani untuk
mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar
serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |