• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS III SDN TEGALWARU 04 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    S (339)s_1.pdf (327.1Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    YULI HIDAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif NHT, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yan sesuai dengan kurikulum, uru cenderung mengunakan teknik yang monoton sehingga membuat motivasi belajar siswa rendah dan akibatnya hasil belajarnya juga menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tegalwaru 04 (3) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menngikuti pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan Kelas III SDN Tegalwaru 04. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalawaru 04 kelas III yang terdiri dari 16 siswa, 9 perempuan dan 7 laki-laki. Siswa dibagi mejadi 5 kelompk yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu pengambilan data mulai dilakukan tanggal 1 februari 2011 sampai 25 mei 2011 v dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tegalwaru 04 Kec. Mayang Kab. Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase motivasi siswa selama pembelajaran IPS pada pokok bahasan jenisjenis pekerjaan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan media gambar adalah : pada siklus I persentase hasil motivasi siswa dengan kriteria sangat baik 14,06%, siklus II sebesar 76,56% dari hasil tes akhir yang dilakukan pada siklus I siswa yang tuntas belajar 43,75 % sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 75 Kesimpulan dari penelitian ini siswa mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media gambar pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani untuk mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository