Show simple item record

dc.contributor.authorYULINA ASMA INDRIYATI
dc.date.accessioned2014-01-23T01:53:43Z
dc.date.available2014-01-23T01:53:43Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204365
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21708
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas 2 SD Negeri Karangbendo 05 dalam memahami materi nilai tempat. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran yang umumnya menggunakan metode ceramah dan kurangnya alat peraga pembelajaran untuk membantu mengkongkritkan materi abstrak, sehingga siswa cenderung menghafal materi pembelajaran yang diberikan. Blok Dienes base 10 merupakan alat peraga yang representatif dalam menjawab permasalahan ini. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pembelajaran nilai tempat dengan pendekatan kooperatif berbantuan alat peraga Blok Dienes pada siswa kelas 2 SD Negeri Karangbendo 05 Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimana penerapan pembelajaran, bagaimana aktivitas siswa dan berapa persentase ketuntasan hasil belajar siswa selama pembelajaran nilai tempat dengan pendekatan kooperatif berbantuan alat peraga Blok Dienes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 23-28 Desember 2009. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Data yang diambil dari hasil observasi adalah data aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data yang diambil dari tes adalah data tentang skor ketuntasan hasil belajar siswa. Data yang telah diambil, dianalisis secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berjalan dengan baik. Aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung adalah sebagai berikut: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, pada siklus I adalah 8,3% dan siklus II 12,5%; guru mengenalkan alat peraga Blok Dienes dan cara penggunaannya, pada siklus I 8,3% dan siklus II adalah 12,5%; guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok belajar, siklus I adalah 12,5% dan siklus II adalah 12,5%; guru membimbing siswa dalam melakukan kegiatan kelompok pada materi nilai tempat dengan alat peraga Blok Dienes, pada siklus I dan siklus II 8,3%; guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi nilai tempat dengan alat peraga Blok Dienes, siklus I 8,3% sedangkan siklus II 12,5%; guru memimpin perlombaan antar kelompok dengan menggunakan alat peraga Blok Dienes, siklus I adalah 8,3% dan siklus II 12,5%; guru melakukan evaluasi individu, pada siklus I 8,3% dan pada siklus II 12,5%; guru memberikan penghargaan bagi peserta didik dan kelompok terbaik, serta bagi kelompok pemenang perlombaan, siklus I adalah 8,3% dan siklus II adalah 12,5%. Total aktivitas guru pada siklus I adalah 70,83% dan berada pada kriteria cukup aktif, sedangkan pada siklus II adalah 95% dan berada pada kriteria sangat aktif. Aktivitas siswa selama pembelajaran meliputi berdiskusi dengan anggota kelompok pada siklus I sebesar 80% berada pada kriteria sangat aktif sedangkan pada siklus II adalah 93% berada pada kriteria sangat aktif, aktivitas mengeluarkan pendapat pada siklus I sebesar 70% berada pada kriteria aktif sedangkan pada siklus II adalah 83% berada pada kriteria sangat aktif, aktivitas menjawab soal pada siklus I adalah 75% berada pada kriteria aktif dan pada siklus II adalah 89% berada pada kriteria sangat aktif; dan aktivitas berlomba antar kelompok pada siklus I adalah 67% berada pada kriteria aktif sedangkan pada siklus II adalah 81% berada pada kriteria aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I 72,22% dan siklus II 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar pada materi nilai tempat. Saran-saran yang dapat diberikan : bagi guru, berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran nilai tempat dengan pendekatan kooperatif berbantuan alat peraga Blok Dienes mengalami peningkatan, maka pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204365;
dc.subjectKOOPERATIF BERBANTUAN ALAT PERAGA BLOK DIENESen_US
dc.titlePEMBELAJARAN NILAI TEMPAT DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF BERBANTUAN ALAT PERAGA BLOK DIENES PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KARANGBENDO 05 TEKUNG-LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2009-2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record