Show simple item record

dc.contributor.authorImmatu Sholeha
dc.date.accessioned2014-01-23T01:51:58Z
dc.date.available2014-01-23T01:51:58Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210101019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21704
dc.description.abstractPendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan bisa mengurangi problem berat yang dihadapi peserta didik. Dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang berkarakter, diperlukan perencanaan yang matang dalam pembelajaran. Perencanaan tersebut dapat diwujudkan dalam perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Indikator pencapaian kompetensi dibedakan menjadi tiga yaitu indikator kognitif produk, indikator kognitif proses, dan indikator afektif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Probolinggo. Pengambilan data dimulai tanggal 13 Januari 2012 sampai tanggal 22 Mei 2012. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, tes, wawancara, observasi, dan pengisian angket. Data dari hasil validasi perangkat pembelajaran dianalisis untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran. Data dari hasil tes, dianalisis untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran. Observasi dilakukan terhadap aktivitas siswa, perilaku vii berkarakter dan keterampilan sosial siswa, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Pengisisan angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Tes hasil belajar dan Buku Siswa yang dikembangkan memiliki interpretasi sangat tinggi sehingga dapat dinyatakan valid dan layak diujicobakan. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria kevalidan. Indikator kognitif proses dinilai dengan melakukan pengamatan aktivitas siswa. Hasil analisis data pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan keempat menunjukkan termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada pertemuan kelima, keenam, dan ketujuh termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menginterpretasikan bahwa sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran. Penerapan pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw ini merupakan hal yang baru bagi siswa. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap pertemuan telah mencapai kategori baik dan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran telah memenuhi indikator-indikator dalam lembar observasi. Guru juga telah menerapkan dengan baik semua perangkat pembelajaran yang diujicobakan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Buku Siswa, dan Tes Hasil belajar. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria kepraktisan. Indikator afektif dinilai dengan melakukan pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa serta memberikan lembar penilaian diri siswa untuk mengetahui perkembangan karakter siswa. Lembar penilaian diri siswa diberikan setiap akhir pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw berlangsung. Siswa yang diminta untuk mengisi lembar penilaian viii diri adalah 12 siswa yang diamati perilaku karakter dan keterampilan sosialnya. Nilainilai karakter dan keterampilan sosial yang ada pada lembar penilaian diri siswa sama dengan nilai-nilai karakter dan keterampilan sosial yang ada pada lembar pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa, yaitu meliputi: semangat belajar, adil, kritis, kerja keras, tanggung jawab individu, percaya diri, berani bertanya, teliti, kreatif, rasa ingin tahu, jujur, memberikan ide/pendapat, menjadi pendengar yang baik, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberi respon positif terhadap semua aspek pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw. Hal ini berarti siswa dapat menerima tindakan yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menilai indikator kognitif produk. Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal no.6 tidak valid, soal no.7 validitas sangat rendah, soal no. 5 dan no.9 validitas rendah, soal no.1, 2, 4, dan 8 validitas cukup, soal no.10 validitas tinggi, dan soal no.3 validitas sangat tinggi. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, dapat dilihat bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebesar 80%. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan seluruh hasil analisis data, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada pokok bahasan segitiga dan segiempat yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hal ini berarti, perangkat pembelajaran tersebut dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101019;
dc.subjectPembelajaran Matematika Berbasis Karakteren_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Kelas VII SMP Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record