Show simple item record

dc.contributor.authorSepti Lestiandari
dc.date.accessioned2014-01-23T01:37:06Z
dc.date.available2014-01-23T01:37:06Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM090210204145
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21675
dc.description.abstractMenulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung atau tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis juga merupakan kegiatan yang produktif dan ekspresif. Menulis sangat penting karena dapat memudahkan siswa untuk berpikir. Oleh karena itu, salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa SD adalah keterampilan menulis. Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini berdasarkan hasil observasi awal di lapangan, peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran menulis karangan yang dilakukan oleh guru kelas III SDN 1 Bogoran dan mengobservasi aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan. Hasil observasi pada pembelajaran ini adalah keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN 1 Bogoran masih rendah. Masih banyak siswa yang belum bisa menuangkan ide/gagasan ke dalam tulisannya, masih terdapat kesalahan-kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan siswa bahwa pelajaran bahasa Indonesia kurang menarik dan membosankan. Guru hanya menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar adalah dengan media rotatoon. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan media rotatoon yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek?, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon?. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan penggunaan media rotatoon yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan media rotatoon dalam pembelajaran menulis karangan adalah siswa dibimbing dengan menggunakan media rotatoon yang diputar secara keseluruhan. Untuk dapat memunculkan ide/gagasan siswa, media rotatoon diputar secara bertahap. Melalui tahapan tersebut, siswa mampu menulis karangan narasi dengan tepat. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon meningkat. Ketuntasan hasil pada siklus I adalah 11 siswa atau sebesar 41%. Siklus II adalah 23 siswa atau sebesar 85%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 44%. Saran yang ingin disampaikan yaitu guru SD khususnya guru kelas III, dalam pembelajaran menulis karangan hendaknya mempersiapkan media rotatoon dengan gambar yang lebih menarik. Agar siswa lebih termotivasi dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204145;
dc.subjectMeningkatkan Keterampilan Menulisen_US
dc.titleMeningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Rotatoon pada Siswa Kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2011/2012; Septi Lestiandari, 090210204145en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record