Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Rotatoon pada Siswa Kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2011/2012; Septi Lestiandari, 090210204145
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk
berkomunikasi secara tidak langsung atau tidak secara tatap muka dengan orang lain.
Menulis juga merupakan kegiatan yang produktif dan ekspresif. Menulis sangat
penting karena dapat memudahkan siswa untuk berpikir. Oleh karena itu, salah satu
keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa SD adalah keterampilan menulis.
Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini berdasarkan hasil observasi
awal di lapangan, peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran menulis karangan
yang dilakukan oleh guru kelas III SDN 1 Bogoran dan mengobservasi aktivitas
siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan. Hasil observasi
pada pembelajaran ini adalah keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III
SDN 1 Bogoran masih rendah. Masih banyak siswa yang belum bisa menuangkan
ide/gagasan ke dalam tulisannya, masih terdapat kesalahan-kesalahan penulisan ejaan
dan tanda baca. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan siswa bahwa pelajaran
bahasa Indonesia kurang menarik dan membosankan. Guru hanya menggunakan
metode ceramah pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan guru tidak
menggunakan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang siswa
untuk belajar adalah dengan media rotatoon.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan
media rotatoon yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa
kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek?, (2)
Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek setelah dilakukan
pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon?. Tujuan penelitian ini adalah
Mendeskripsikan penggunaan media rotatoon yang dapat meningkatkan keterampilan
menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak
Kabupaten Trenggalek, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan
narasi siswa kelas III SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek
setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Bogoran Kecamatan Kampak Kabupaten
Trenggalek dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi.
Penggunaan media rotatoon dalam pembelajaran menulis karangan adalah
siswa dibimbing dengan menggunakan media rotatoon yang diputar secara
keseluruhan. Untuk dapat memunculkan ide/gagasan siswa, media rotatoon diputar
secara bertahap. Melalui tahapan tersebut, siswa mampu menulis karangan narasi
dengan tepat.
Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan media rotatoon meningkat. Ketuntasan hasil pada
siklus I adalah 11 siswa atau sebesar 41%. Siklus II adalah 23 siswa atau sebesar
85%. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 44%.
Saran yang ingin disampaikan yaitu guru SD khususnya guru kelas III, dalam
pembelajaran menulis karangan hendaknya mempersiapkan media rotatoon dengan
gambar yang lebih menarik. Agar siswa lebih termotivasi dalam meningkatkan
keterampilan menulis karangan narasi.