• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NILAI KETAKTERATURAN TOTAL SISI DARI GABUNGAN GRAF HELM

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-rendratama-10643-1-rendrata-i_1.pdf (327.7Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    ONKY FARISANDRI, RENDRATAMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teori graf merupakan salah satu teori lama yang hingga saat ini semakin gencar diaplikasinya oleh para ilmuan, baik dalam bidang ilmu matematika sendiri maupun dalam bidang ilmu lainnya. Salah satu topik yang mendapat perhatian dalam teori graf adalah pelabelan graf atau graph labelling. Pela- belan graf ini dapat berupa pelabelan total titik irregular ataupun pelabelan total sisi irregular. Dan kini peneliti hendak melakukan penelitina yang berke- naan dengan pelabelan total sisi irregular pada gabungan Graf Helm. Graf Helm itu sendiri ialah graf yang dinotasikan dengan Hn merupakan bentuk graf yang terbentuk dari sebuah Graf Roda Wn dengan penambahan sisi pendant atau bandul pada setiap titik dari sikel ke-n. Sedemikian hingga jika vj adalah titik ke-j dari Wn dan uj adalah titik pada bandul ke-j, maka ujvj adalah sisi bandul ke-j untuk setiap j = 1,2,...,n. Graf Helm Hn mempunyai 2n + 1 titik dan 3n sisi. Permasalahannya adalah bagaimana melabeli Graf Helm dan gabungannya sedemikian hingga bilangan bulat positif terbesar yang dijadikan label pada beberapa variasi pelabelan total sisi irregular adalah seminimum mungkin. Bilangan bulat positif terbesar yang minimum tersebut dinamakan dengan total irregularity edge strength dari graf G yang dinotasikan dengan tes(G). Tujuan dari penelitian ini tak lain adalah untuk mengetahui berapa nilai (tes) dari gabungan Graf Helm, baik gabungan Isomorfis maupun Non-Isomorfis. Penelitian ini diawali dengan menentukan nilai batas bawah dari tes gabu- ngan G⌈raf H⌉lm dengan menerapkan teorema Bača, Jendrol, Miller, Ryan (2002) yakni |E|+2 3 ≤ tes(G) ≤ |E|, selanjutnya menentukan nilai batas atas dari tes gabungan Graf Helm dengan mencari formulasi dari pelabelan total sisi irreg- ularnya sedemikian hingga bobot setiap sisi berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif aksiomatik, yaitu dengan menurunkan teorema yang telah ada, kemudian diterapkan dalam pelabelan total sisi irregular dari total edge irregularity strength (tes) pada gabungan Graf Helm, baik gabungan Isomorfis maupun Non-Isomorfis. Sesuai dengan tujuan dan hasil dalam penelitian ini, ditemukan beberapa teorema baru mengenai nilai tes dari pelabelan total sisi irregular pada gabungan Graf Helm yaitu: Teorema 4.1.1 Nilai Total Edge Irregularity Strength dari Gabungan Graf Helm Isomorfis tes(⋃ s Hn) untuk s ≥ 2 dan n ≥ 3 adalah ⋃ ⌈3sn+2 ⌉ tes( s Hn) = 3 Teorema 4.2.1 Nilai Total Edge Irregularity Strength dari Gabungan Graf ⋃s Helm Non − isomorfis ( i=1 Hni) untuk s ≥ 2 dan n ≥ 3 adalah ⌈ Ps ⌉ (3( i=1 ni)+2) tes(⋃i=1 Hni) = 3
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21641
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository