Show simple item record

dc.contributor.authorLASMIATI
dc.date.accessioned2014-01-23T00:15:43Z
dc.date.available2014-01-23T00:15:43Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210301278
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21508
dc.description.abstractMateri pelajaran ekonomi yang diajarkan pada siswa kelas X sangat bervariasi. Semua materi tidak dapat disampaikan hanya dengan menggunakan satu metode saja. Salah satunya yakni materi konsumsi dan tabungan. Pada materi ini lebih banyak membahas tentang masalah-masalah yang dekat dengan keseharian siswa. Materi ini akan sangat cocok dan menarik jika disampaikan dengan menggunakan metode yang berbentuk cerita dan sesuai dengan realita yang dilaksanakan sehari-hari oleh siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan yakni metode CIRC. Selama ini pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ekonomi pada siswa kelas X di SMAN 2 Tanggul sudah menerapkan penggunaan model pembelajaran kooperatif, salah satunya metode STAD. Penggunaan metode yang berbeda antara metode STAD dan metode CIRC menimbulkan tujuan yang ingin dilihat pada penelitian ini yakni adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode CIRC dengan metode STAD. Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode CIRC lebih tinggi daripada metode STAD pada materi konsumsi dan tabungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang sebenarnya. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Objek penelitian pada siswa kelas X, penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling kemudian ditentukan kelas yang menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan uji –t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode STAD dan siswa yang diajarkan dengan metode CIRC. Hasil perhitungan uji –t sebesar 4,344 dengan db sebesar 70 dan signifikansi sebesar 0,05 atau alpha sebesar 5% maka diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,994. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode CIRC dengan metode STAD. Selain itu, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode CIRC menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari rata-rata nilai kognitif prosesen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301278;
dc.subjectPerbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Metode STAD Dengan Metode CIRCen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD DENGAN METODE CIRC (Studi Komparatif pada Siswa Kelas X pada Materi Konsumsi dan Tabungan di SMAN 2 Tanggul Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record