PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STAD DENGAN METODE CIRC (Studi Komparatif pada Siswa Kelas X pada Materi Konsumsi dan Tabungan di SMAN 2 Tanggul Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Materi pelajaran ekonomi yang diajarkan pada siswa kelas X sangat
bervariasi. Semua materi tidak dapat disampaikan hanya dengan menggunakan satu
metode saja. Salah satunya yakni materi konsumsi dan tabungan. Pada materi ini
lebih banyak membahas tentang masalah-masalah yang dekat dengan keseharian
siswa. Materi ini akan sangat cocok dan menarik jika disampaikan dengan
menggunakan metode yang berbentuk cerita dan sesuai dengan realita yang
dilaksanakan sehari-hari oleh siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan yakni
metode CIRC. Selama ini pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ekonomi pada
siswa kelas X di SMAN 2 Tanggul sudah menerapkan penggunaan model
pembelajaran kooperatif, salah satunya metode STAD.
Penggunaan metode yang berbeda antara metode STAD dan metode CIRC
menimbulkan tujuan yang ingin dilihat pada penelitian ini yakni adanya perbedaan
yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif metode CIRC dengan metode STAD. Selain itu, untuk
mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode CIRC lebih tinggi
daripada metode STAD pada materi konsumsi dan tabungan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang sebenarnya.
Penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Objek penelitian pada siswa
kelas X, penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling kemudian
ditentukan kelas yang menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Metode penelitian menggunakan uji –t untuk melihat perbedaan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan metode STAD dan siswa yang diajarkan dengan
metode CIRC.
Hasil perhitungan uji –t sebesar 4,344 dengan db sebesar 70 dan signifikansi
sebesar 0,05 atau alpha sebesar 5% maka diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,994. Nilai
tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil ekonomi
siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode
CIRC dengan metode STAD. Selain itu, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
metode CIRC menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari rata-rata nilai kognitif proses