PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN STAD BERORIENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER (Mata Pelajaran IPA Biologi Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII Semester Genap MTs Nurul Iman Kapongan Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012)
Abstract
Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang terkait dengan bidang
pendidikan adalah pembaharuan kurikulum dan metode pembelajaran. Kurikulum
saat ini (2006) yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sudah
berorientasi pada pendidikan berkarakter dan metodenya berorientasi pada siswa
(student centered). Pembelajaran yang berorintasi siswa adalah pembelajaran
kooperatif (Cooperative Learning). Kelas VII di MTs Nurul Iman Kapongan
Situbondo pada pokok bahasan “Organisasi Kehidupan” tahun pelajaran 2010/2011
pembelajaran berorientasi pada siswa dengan metode ceramah sehingga hasil
belajarnya di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimum) yang ditetapkan sekolah
sebesar 70 dan ketuntasan klasikalnya di bawah 70% (ketetapan sekolah). Begitu juga
dengan kemandirian belajar siswa yang kurang. Metode yang dirasa cocok untuk
mengatasi kondisi tersebut adalah pembelajaran STAD (Student Teams Achievement
Division).