Show simple item record

dc.contributor.authorRizki Murniasih
dc.date.accessioned2014-01-22T23:49:28Z
dc.date.available2014-01-22T23:49:28Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM060210402372
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21466
dc.description.abstractMenulis adalah kegiatan menyusun serta merangkaikan kalimat sedemikian rupa agar pesan, informasi, serta maksud yang terkandung dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulis dapat disampaikan dengan baik. Sebagai salah satu jenis pembelajaran menulis karangan yang diajarkan di sekolah, narasi merupakan kegiatan menulis yang sangat penting dikuasai oleh siswa. Dengan karangan narasi, siswa dapat menceritakan kegiatan apa yang telah ia lakukan sehari-hari, dapat menuliskan laporan kegiatan perjalanannya, dan yang paling penting dengan karangan narasi siswa dapat meluapkan ekspresinya. Penerapan tugas membaca di kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X.1 dalam menulis karangan narasi. Hal ini dilakukan karena kemampuan menulis karangan narasi siswa rendah. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui Tugas Membaca; Rizki Murniasih; 060210402372; 2013; 149 halaman; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Kemampuan awal menulis karangan narasi rata-rata total nilai siswa adalah 64,7. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM adalah 13 siswa atau 41,93% dari keseluruhan 31 siswa. Tugas membaca ini diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Hal ini disebabkan karena tugas membaca memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah siswa dapat lebih berkreasi dalam tulisan, serta penggunaan tugas membaca juga dapat membuat siswa bertambah pengetahuan karena sering membaca. Berdasarkan pernyataan tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah penerapan pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 melalui tugas membaca, (b) viii bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 setelah melalui tugas membaca. Sesuai dengan permasalahan yang ada, tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan: (a) penerapan pembelajaran menulis karangan narasi melalui tugas membaca siswa kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013, (b) peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 melalui tugas membaca. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa nilai tes menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA NU Genteng Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X. Hasil dari penerapan tugas membaca dalam menulis teks karangan narasi adalah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X.1 dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil menulis karangan narasi siswa sebelum dilakukan tindakan (prasiklus) dan setelah dilakukan tindakan (siklus I dan siklus II). Sebelum dilakukan tindakan yaitu tahap prasiklus, rata-rata skor siswa untuk kemampuan menulis karangan narasi adalah 64,7 sedangkan setelah dilakukan tindakan (siklus I) rata-rata skor siswa mencapai 69,03 dan pada siklus II mencapai 75,45. Selanjutnya dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran: (1) bagi guru hendaknya lebih memberikan motivasi dan memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat. Siswa hendaknya dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. (2) Peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis, hendaknya melakukan komunikasi aktif dengan pihakpihak yang terlibat dalam penelitianen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210402372;
dc.subjectKARANGAN NARASIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X.1 SMA NU GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MELALUI TUGAS MEMBACAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record