PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR DI SDN PASRUJAMBE 08 LUMAJANG
Abstract
Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa
juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPS berlangsung masih terlihat
beberapa siswa masih menyalin catatan materi pelajaran yang ditulis guru di papan
tulis dan tidak pernah bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik
kepada guru maupun kepada siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa
pada pelajaran yang diajarkan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan
dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil
perolehan nilai siswa yaitu 56% (sebanyak 14 siswa) dari 25 siswa mendapatkan nilai
di bawah 65. Aktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPS,
mengakibatkan nilai mata pelajaran IPS juga rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah peningkatan
aktivitas siswa selama pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang? 2) bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran talking stick pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Pasrujambe 8 Lumajang?