PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN LKS PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SDA DI LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV SDN BARAT 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan,
ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran
mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih
sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran
dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan
tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang
menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena
guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga
hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.