PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN JENGGAWAH 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Pembelajaran IPA di SDN Jenggawah 01 Jember masih cenderung memakai
metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media
sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat
diatasi dengan metode eskperimen sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode
eksperimen di SDN Jenggawah 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?.” Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode
eksperimen di SDN Jenggawah 01-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 01 Jember pada siswa kelas IV
sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model
skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase
aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 62,38% (kategori aktif),dan pada siklus II mencapai persentase 81,83%, (kategori sangat aktif). Persentase
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,45% dari siklus I ke siklus
II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama
pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II sebesar 84,12 sehingga
peningkatannya sebesar 13,12.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode
eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan sifat
dan perubahan wujud benda di SDN Jenggawah 01-Jember tahun pelajaran
2012/2013. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPA
dengan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode
pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa aktif dan tertarik dan
pembelajaran yang dilakukan.