• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN JENGGAWAH 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    21 (219)_processed_1.pdf (172.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Windi Maghfiroh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di SDN Jenggawah 01 Jember masih cenderung memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat diatasi dengan metode eskperimen sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 01 Jember pada siswa kelas IV sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 62,38% (kategori aktif),dan pada siklus II mencapai persentase 81,83%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,45% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71 dan pada siklus II sebesar 84,12 sehingga peningkatannya sebesar 13,12. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda di SDN Jenggawah 01-Jember tahun pelajaran 2012/2013. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPA dengan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21317
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository