PENGARUH SANKSI PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN MODERN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris pada Karyawan Tetap yang Bekerja di PTPN XI PG Semboro Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh sanksi perpajakan
terhadap kepatuhan wajib pajak, (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepatuhan wajib pajak, dan (3) menganalisis pengaruh penerapan sistem
administrasi perpajakan modern terhadap kepatuhan wajib pajak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer
berupa respon tertulis yang diberikan kepada subyek penelitian (responden) sebagai
tanggapan atas pernyataan tertulis (kuisioner) yang diajukan oleh peneliti. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteriakriteria
yang telah ditentukan. Teknik pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sanksi perpajakan,
kualitas pelayanan, dan penerapan sistem administrasi perpajakan modern
berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini terbukti dari nilai probabilitas
signifikansi untuk variabel persepsi wajib pajak atas sanksi perpajakan sebesar 0,001,
variabel kualitas pelayanan sebesar 0,013, dan variabel penerapan sistem administrasi
perpajakan modern sebesar 0,005 yang masing-masing lebih kecil dari 0,05.