Show simple item record

dc.contributor.authorRosyidah Umami Octavia
dc.date.accessioned2014-01-22T14:07:27Z
dc.date.available2014-01-22T14:07:27Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210204019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21296
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap orang. Namun, kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo masih rendah. Faktor rendahnya keterampilan menulis cerita siswa dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan ide atau gagasan dalam menentukan sebuah judul karangan, guru hanya memberikan penjelasan pada siswa dengan menggunakan metode ceramah, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model dan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis cerita setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle pada siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan menulis cerita setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013. xi Penelitian ini dilakukan di SDN Pucanganom Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh semua siswa kelas IV SDN Pucanganom yang terdiri dari 45 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle dan kemampuan menulis cerita. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IV SDN Pucanganom. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom berjalan dengan baik. Model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan hasil nilai menulis cerita siswa antara nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 44,44%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 66,66%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 38 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,44%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, dalam mengajarkan bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media puzzle ataupun media pembelajaran yang lainnya untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menulisnya mengalami peningkatan, dan 2) bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan model pembelajaran, media pembelajaran, serta strategi pembelajaran yang berbeda sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204019;
dc.subjectPeningkatan Kemampuanen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS IV SDN PUCANGANOM SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record