• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE SISWA KELAS IV SDN PUCANGANOM SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    rosyidahum_1.pdf (479.8Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Rosyidah Umami Octavia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap orang. Namun, kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo masih rendah. Faktor rendahnya keterampilan menulis cerita siswa dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan ide atau gagasan dalam menentukan sebuah judul karangan, guru hanya memberikan penjelasan pada siswa dengan menggunakan metode ceramah, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model dan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menulis cerita setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle pada siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013 menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan menulis cerita setelah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle siswa kelas IV SDN Pucanganom Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013. xi Penelitian ini dilakukan di SDN Pucanganom Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, diikuti oleh semua siswa kelas IV SDN Pucanganom yang terdiri dari 45 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle dan kemampuan menulis cerita. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IV SDN Pucanganom. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis cerita siswa kelas IV SDN Pucanganom berjalan dengan baik. Model pembelajaran kooperatif menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan hasil nilai menulis cerita siswa antara nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 44,44%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 66,66%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 38 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,44%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, dalam mengajarkan bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media puzzle ataupun media pembelajaran yang lainnya untuk membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga kemampuan menulisnya mengalami peningkatan, dan 2) bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan model pembelajaran, media pembelajaran, serta strategi pembelajaran yang berbeda sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21296
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository