Show simple item record

dc.contributor.authorWinda Dwi Wijayanti
dc.date.accessioned2014-01-22T14:00:34Z
dc.date.available2014-01-22T14:00:34Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050910301076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21291
dc.description.abstractMaraknya minimarket di berbagai wilayah membuat keresahan terhadap pedagang toko tradisional. Persaingan usaha dagang yang tidak seimbang mengakibatkan merosotnya omset pedagang toko per harinya mencapai 30 % sampai dengan 40 %. Hal ini disebabkan karena konsumen lebih memilih minimarket karena strategi yang digunakan lebih menarik. Dengan fasilitas modern dan alat-alat yang canggih di jaman modern ini membuat masyarakat lebih tertarik berbelanja di toko modern tersebut karena alasan kemewahan. Oleh sebab itu penulis ingin mengetahui sekaligus mendeskripsikan strategi yang digunakan pedagang toko tradisional untuk menarik konsumen kembali berbelanja di toko mereka. Penelitian dilakukan di toko IMANDA dan toko ANDA jalan Kalimantan dan jalan Jawa dengan pertimbangan di wilayah tersebut paling banyak terdapat minimarket dari seluruh kecamatan yang terdapat di kabupaten Jember. Berdasarkan dengan hal tersebut akan ditemukan data-data yang relevan untuk mengetahui strategi yang digunakan pedagang toko tradisional untuk melakukan persaingan usaha dagang dengan minimarket. Pengumpulan data yang diperoleh dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Metode penentuan informan dengan menggunakan Purposive dengan melibatkan infoman pokok dan informan sekunder. Data-data yang telah teerkumpul berupa ungkapan-ungkapan yang telah disampaikan oleh informan kepada penulis yang kemudian dianalisa secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan demikian peneliti akan menganalisa dan mendeskripsikan data tentang strategi pedagang toko tradisional dalam persaingan usaha dagang dengan minimarket sehingga memperoleh data sesuai dengan judul yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang toko tradisional tetap bertahan dengan kondisi yang telah diupayakan. Walaupun pada awalnya omset mereka menurun drastis, namun dengan usaha yang dilakukan dapat memperbaiki omset mereka meskipun tidak kembali seperti sediakala, namun setidaknya ada sedikit peningkatan dari sebelumnya. Starategi yang digunakan pedagang toko untuk menghadapi au item dagangan, persaingan dagang dengan minimarket ada beberapa hal yakni, menambah barang dagangan atau menambah item dagangan yang diminati oleh konsumen, melakukan promosi, memberikan label harga pada barang dagangan, memberikan pinjaman kepada konsumen, memberikan bonus atau diskon dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, mengecer barang dagangan serta memproduksi sekaligus memasarkan barang dagangannya. Strategi tersebut mampu membuat pedagang bangkit dan menjalankan kembali usahanya dengan omset yang lumayan membantu mereka. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan pedagang toko tradisional, meskipun kecil namun dapat berarti bagi mereka dan dapat meningkatakan kembali perekonomian yang sempat mengalami kemerosotanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910301076;
dc.subjectStrategi Persaingan Usaha Dagang yang dilakukan oleh Toko Tradisionalen_US
dc.titleSTRATEGI PERSAINGAN USAHA DAGANG YANG DILAKUKAN OLEH TOKO TRADISIONAL MENGHADAPI KEBERADAAN MINIMARKETen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record