• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) SETTING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII B SMP NEGERI 3 TANGGUL TAHUN AJARAN 2008 / 2009

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    21 (188)_processed_1.pdf (294.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    WINARNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan tes pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas VII B mengenai kemampuan awal materi sifat – sifat bangun segi empat, didapatkan hasil belum tercapainya ketuntasan klasikal. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) di kelas VII B SMP Negeri 3 Tanggul yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanggul mulai tanggal 22 April 2009 sampai dengan 15 Mei 2009 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes pendahuluan, tes 1, tes 2, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara tehadap siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Penerapan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segi empat di kelas VII B SMP Negeri 3 Tanggul berjalan dengan baik karena sesuai dengan tujuan yang diharapkan yang ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar siswa; 2) Penerapan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mulai dari pembelajaran pada siklus I dan pembelajaran siklus II; 3) pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segi empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 77,5 % meningkat menjadi 87,5% pada tes akhir siklus II yang artinya telah tercapai ketuntasan klasikal dan adanya peningkatan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21274
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail