PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) SETTING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII B SMP NEGERI 3 TANGGUL TAHUN AJARAN 2008 / 2009
Abstract
Berdasarkan tes pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas VII B
mengenai kemampuan awal materi sifat – sifat bangun segi empat, didapatkan
hasil belum tercapainya ketuntasan klasikal. Oleh karena itu peneliti mengadakan
penelitian dengan menerapkan pembelajaran Model Problem Centered Learning
(PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) di kelas VII B SMP Negeri 3
Tanggul yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran
berlangsung dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah diterapkan
pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head
Together (NHT).
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanggul mulai tanggal 22 April
2009 sampai dengan 15 Mei 2009 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII
B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pengumpulan
data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes pendahuluan, tes 1, tes 2,
aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara tehadap
siswa.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Penerapan
pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head
Together (NHT) pada pokok bahasan segi empat di kelas VII B SMP Negeri 3
Tanggul berjalan dengan baik karena sesuai dengan tujuan yang diharapkan yang
ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar siswa; 2) Penerapan pembelajaran
Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together
(NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya
aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mulai dari pembelajaran pada siklus I dan pembelajaran siklus II; 3) pembelajaran Model Problem
Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) pada pokok
bahasan segi empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan
dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 77,5 % meningkat menjadi
87,5% pada tes akhir siklus II yang artinya telah tercapai ketuntasan klasikal dan
adanya peningkatan hasil belajar.