dc.description.abstract | Objek penelitian ini adalah tiga produk Handphone yang saat ini sedang
bersaing ketat di industri Handphone di Indonesia, yaitu : Mitto, Nexian dan
Handphone lainnya (G-Von, K-touch dan BlueBerry. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis dan mengetahui product positioning handphone merek Mitto
dan Nexian ditinjau dari peta persepsi konsumen berdasarkan atribut-atribut
produk di Situbondo. Alat analisis yang digunakan adalah Correspondence
Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive
sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden.
Correspondence Analysis akan menghasilkan peta perseptual kedua merek
handphone terhadap masing – masing karakteristik konsumen dan atribut - atribut
product positioningnya. Dari peta perseptual tersebut dapat diketahui bagaimana
product positioning produk handphone merek Mitto dan Nexian ditinjau dari
persepsi konsumen berdasarkan karakteristik konsumen dan atribut-atribut yang
diteliti. Peta perseptual antara produk handphone dengan karakteristik konsumen
menunjukkan bahwa kedua merek handphone tersebut selalu mendapatkan
posisinya dalam benak konsumen. Mitto memiliki posisi yang kuat pada
konsumen yang berusia 26 – 35 tahun, konsumen yang berpendidikan S1/S2 dan
SD, yang memiliki pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa. Nexian memiliki posisi
yang kuat pada konsumen yang berusia > 45 tahun, konsumen yang berpendidikan
SMU dan konsumen yang memiliki pekerjaan sebagai PNS dan wiraswasta.
Sedangkan peta perseptual antara merek handphone dengan atribut positioning
menunjukkan bahwa Mitto memiliki posisi yang kuat pada 3 atribut yaitu, atribut
kenyamanan pemakaian, atribut daya tahan dan atribut jaminan/garansi, Nexian
memiliki posisi yang kuat pada atribut kualitas fitur layanan. Hal tersebut
menandakan daya saing kedua handphone tersebut cukup berimbang meskipun
Mitto sedikit lebih unggul. | en_US |