• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN TUKUM 01 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    21 (80)_processed_1.pdf (310.2Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Rahayu Sinanglingtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang penting bagi siswa baik secara formal maupun non formal. Namun, masih banyak siswa di SDN Tukum 01 Lumajang khususnya kelas V yang menganggap bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan suatu mata pelajaran sepele, namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang mendapat skor di bawah ketuntasan. Ketika guru memberikan pertanyaan secara lisan saat proses pembelajaran siswa juga kurang percaya diri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui juga bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Melalui penerapan metode role playing ini, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn pokok bahasan bentuk-bentuk keputusan bersama melalui penerapan metode role playing di SDN Tukum 01 Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SDN Tukum 01 Lumajang tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tukum 01 Lumajang, sebanyak 46 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel yang ada dalam penelitian yaitu metode role playing, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Tukum 01 Lumajang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing di SDN Tukum 01 Lumajang secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat diketahui dari perbandingan aktivitas siswa antara prasiklus, siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 52%, siklus I sebesar 78,80% dan siklus II sebesar 85,65%, aktivitas belajar siswa dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 26,80% sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar sebesar 20%, yaitu dari 56% menjadi 76%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13%, yaitu dari 76% menjadi 89%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: bagi guru kelas, metode pembelajaran role playing dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran; bagi siswa, Siswa sebaiknya terus meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan dirinya agar tidak merasa takut atau malu lagi ketika mengikuti pembelajaran; bagi peneliti, Penerapan metode role playing diharapkan tidak hanya diterapkan pada pembelajaran PKn saja, tetapi juga pada pembelajaran lain yang sesuai apabila menggunakan metode role playing, dan bagi peneliti lain, Berdasarkan analisis aktivitas dan hasil belajar siswa, penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21248
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository