dc.description.abstract | Kedelai merupakan salah satu komoditas unggulan dalam subsektor
tanaman pangan, dimana komoditas ini memegang peranan penting dalam
ekonomi rumah tangga petani, konsumsi pangan, kebutuhan dan perdagangan
pangan nasional. Pada proses pemasaran kedelai yang terjadi di Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember, terdapat perilaku pasar dan beberapa pola saluran
pemasaran yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga
pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga
mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi
saluran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku pasar
komoditas kedelai di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember dengan
menggunakan pendekatan secara vertikal dan horisontal, dan (2) keragaan
pemasaran komoditas kedelai dengan melihat dari aspek efisiensi pemasaran,
marjin pemasaran, distribusi marjin, dan nilai market share. Data yang digunakan
adalah data primer yang diambil pada tahun 2009. Pengambilan contoh responden
untuk petani digunakan purposive methode, sedangkan pengambilan contoh untuk
lembaga pemasaran menggunakan metode Snow Ball Sampling. Pendekatan
deskriptif menjelaskan mengenai perilaku pasar komoditas kedelai. Nilai efisiensi
pemasaran diketahui dengan menggunakan analisis efisiensi pemasaran dan
margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember terdapat 2 jenis saluran pemasaran kedelai yang
terjadi di Kabupaten Jember. Berdasarkan nilai share margin, semua jenis saluran
pemasaran kedelai di tiap desa adalah efisien. | en_US |