• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG ENERGI LISTRIK SISWA KELAS 6 SDN TEMPEH TENGAH 01 TEMPEH - LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (114)_1.pdf (126.8Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    EKOWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPA materi energi listrik melalui penerapan metode demonstrasi, (2) menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi energi listrik melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempeh Tengah 01 yang terdiri dari 30 siswa, 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 27 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Tempeh Tengah 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 47%; siklus II sebesar 93%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 100% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut dlketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam materi listrik dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21070
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository