PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG ENERGI LISTRIK SISWA KELAS 6 SDN TEMPEH TENGAH 01 TEMPEH - LUMAJANG
Abstract
Kenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di
SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan
teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran
IPA materi energi listrik melalui penerapan metode demonstrasi, (2) menganalisis
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi energi listrik melalui penerapan
metode demonstrasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempeh Tengah 01 yang terdiri dari 30 siswa, 19
siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang
hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif
untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif
kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal
27 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN
Tempeh Tengah 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Data yang
dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data
yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas
siswa selama pembelajaran pecahan dengan menggunakan Metode Demonstrasi
adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar
47%; siklus II sebesar 93%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat
100% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut dlketahui
bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 100%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan
hasil belajar pada materi penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Ilmu
Pengatahuan Alam materi listrik dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan
merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa
untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.