Show simple item record

dc.contributor.authorYUNI NOVITA M
dc.date.accessioned2014-01-22T06:04:18Z
dc.date.available2014-01-22T06:04:18Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210274094
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21062
dc.description.abstractDari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SD NEGERI JUBUNG 02 Kec. Sukorambi Kab. Jember dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai 50%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60%; (2) guru cenderung masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran; (3) siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang didapat sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD NEGERI JUBUNG 02 Kec. Sukorambi Kab. Jember yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 57% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 83%. Selain itu, dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai 71% meningkat menjadi 82% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen aktifitas siswa belajar siswa mulai dari komponen keaktifan, kerjasama, mengeluarkan pendapat dan bertanya menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD NEGERI JUBUNG 02 Kec. Sukorambi Kab. Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274094;
dc.subjectMetode Eksperimen disertai LKS, Aktifitas, Hasil Belajar, IPAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LKS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG SIFAT-SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA (PADAT, CAIR, GAS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JUBUNG 02 KEC. SUKORAMBI KAB. JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record