PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI LKS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG SIFAT-SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA (PADAT, CAIR, GAS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JUBUNG 02 KEC. SUKORAMBI KAB. JEMBER
Abstract
Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SD NEGERI JUBUNG
02 Kec. Sukorambi Kab. Jember dapat diketahui beberapa permasalahan yang
timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul
antara lain: (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif
hanya mencapai 50%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60%; (2) guru cenderung masih mendominasi
dalam kegiatan pembelajaran; (3) siswa kurang diberikan kesempatan untuk
mengalami dan memperoleh sendiri pengetahuan yang didapat sehingga siswa
menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan
hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD NEGERI JUBUNG 02 Kec. Sukorambi Kab. Jember
yang terdiri dari 27 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan
aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar
siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai
57% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 83%. Selain itu,
dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai
71% meningkat menjadi 82% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi
guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan
aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai
komponen aktifitas siswa belajar siswa mulai dari komponen keaktifan,
kerjasama, mengeluarkan pendapat dan bertanya menunjukkan adanya
peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru
senantiasa dapat menerapkan metode eksperimen yang terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD NEGERI JUBUNG 02 Kec.
Sukorambi Kab. Jember.