• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL STRUKTUR INTELEK PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    hanip_revisi ujian_01.pdf (93.78Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Hanip Estikharoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hal-hal yang dipelajari dalam pembelajaran fisika meliputi belajar teori, konsep, hukum dan rumus fisika. Belajar teori, konsep, hukum dan rumus fisika tidak bisa lepas dari membaca. Salah satu pokok bahasan pada mata pelajaran fisika yang membutuhkan banyak teori adalah pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Untuk memudahkan siswa dalam memahami apa yang dipelajari, maka diperlukan suatu model yang dapat digunakan dalam mempelajari teori khususnya materi pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Model Struktur Intelek merupakan salah satu model belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang dipelajari. Berdasarkan uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model Struktur Intelek dalam pembelajaran fisika. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika pokok bahasan Alat-alat Optik yang menggunakan model pembelajaran Struktur Intelek dengan pembelajaran konvensional?; (2) Seberapa besarkah efektifitas pembelajaran menggunakan model Struktur Intelek dan efektifitas pembelajaran menggunakan model konvensional dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika pokok bahasan Alat-alat Optik yang menggunakan model pembelajaran Struktur Intelek dengan pembelajaran konvensional. (2) Mengkaji seberapa besarkah efektifitas penerapan model Struktur Intelek dan efektifitas pembelajaran menggunakan model konvensional dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempurejo kabupaten Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pretest-post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, data dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan ketiga menggunakan uji efektifitas. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan t hitung >t tabel yaitu t =2,31 dan t tabel =1,93, maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika pokok bahasan Alat-alat Optik antara pembelajaran menggunakan model Struktur Intelek dengan yang menggunakan model konvensional. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model Struktur Intelek sebesar 65,45%, angka ini termasuk dalam kategori cukup efektif. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model konvensional sebesar 44,5%, angka ini termasuk dalam kategori kurang efektif. Sehingga didapatkan bahwa model pembelajaran Struktur Intelek lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Alat-alat Optik. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika pokok bahasan Alat-alat Optik yang menggunakan model pembelajaran Struktur Intelek dengan pembelajaran konvensional. (2) model Struktur Intelek cukup efektif digunakan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Alatalat Optik dengan besar efektifitas mencapai 65,45% dan model konvensional kurang efektif digunakan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik dengan besar efektifitas mencapai 44,5%. a hitung
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20957
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository