PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KOKAMI DI KELAS Va SDN PACE 02 KECAMATAN SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan
Silo Kabupaten Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; proses
pembelajaran berpusat pada guru, metode pembelajaran yang monoton (kurang
bervariasi), tidak adanya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dan
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa.
Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat
pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimana
peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan
Silo Kabupaten Jember setelah penerapan Pembelajaran menggunakan kooperatif
model Team Games Tournament (TGT) dengan media kokami (kotak dan kartu
misterius).
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT)
menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius) untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas Va SDN Pace 02 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]