• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BERSUSUN SISWA KELAS IV SDN SLAWU 03 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    K (155)k_1fkip.pdf (8.414Mb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Adri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar mengajar Matematika di SDN Negeri Slawu 03 Jember masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan dimana proses pembelajaran masih terfokus pada guru, sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga pembelajaran berpusat kepada guru, bukan kepada siswa.hal tersebut menyebabkan siswa cenderung bosan dan menyebabkan siswa kurang aktif. Pembelajaran yang seperti ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajara siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berkoordinasi dengan guru kelas untuk menggunakan metode demontrasi pada materi perkalian bersusun dengan harapan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember. Penelitian ini terdapat masalah yaitu: 1) metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dapat menungkatkan hail belajar siswa pokok bahasan perkalian bersusun pada siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember. 2) Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slawu 03 Jember pada tanggal 30 Mei sampai dengan 4 Juni 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 36 vii siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus presentase aktivitas belajar siswa 55,77% dan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 69,44% dan pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,11%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, dari pra siklus, siklus I dan siklus II, dimana pada pra siklus persentasi hasil belajar siswa adalah 44,44%, pada siklus I meningkat menjadi 58,33% sedangkan pada siklus II, persentasse peningkatan hasil belajar siswa meningkat 77,78%. Dengan persentase peningkatan peningkatan aktivitas dah hasil belajar siswa tersebut diatas, maka penelitian dengan menerapkan metode demnstrasi dalam mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalianV SDN Slawu 03 jember ini dikatakan berhasil.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20879
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository