PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKALIAN BERSUSUN SISWA KELAS IV SDN SLAWU 03 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Proses belajar mengajar Matematika di SDN Negeri Slawu 03 Jember
masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan dimana
proses pembelajaran masih terfokus pada guru, sedangkan siswa hanya
mendengarkan penjelasan dari guru sehingga pembelajaran berpusat kepada guru,
bukan kepada siswa.hal tersebut menyebabkan siswa cenderung bosan dan
menyebabkan siswa kurang aktif. Pembelajaran yang seperti ini membuat hasil
belajar siswa menjadi rendah sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajara siswa. Berdasarkan permasalahan
tersebut, peneliti berkoordinasi dengan guru kelas untuk menggunakan metode
demontrasi pada materi perkalian bersusun dengan harapan aktivitas dan hasil
belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan perkalian
bersusun siswa kelas IV SDN Slawu 03 Jember.
Penelitian ini terdapat masalah yaitu: 1)
metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran matematika yang dapat
menungkatkan hail belajar siswa pokok bahasan perkalian bersusun pada siswa
kelas IV SDN Slawu 03 Jember. 2)
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slawu 03 Jember pada tanggal 30 Mei
sampai dengan 4 Juni 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Slawu 03 Jember pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 36
vii
siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus
presentase aktivitas belajar siswa 55,77% dan pada siklus I persentase aktivitas
belajar siswa meningkat menjadi 69,44% dan pada siklus II, persentase aktivitas
belajar siswa meningkat menjadi 86,11%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa,
dari pra siklus, siklus I dan siklus II, dimana pada pra siklus persentasi hasil
belajar siswa adalah 44,44%, pada siklus I meningkat menjadi 58,33% sedangkan
pada siklus II, persentasse peningkatan hasil belajar siswa meningkat 77,78%.
Dengan persentase peningkatan peningkatan aktivitas dah hasil belajar siswa
tersebut diatas, maka penelitian dengan menerapkan metode demnstrasi dalam
mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalianV SDN Slawu 03 jember ini
dikatakan berhasil.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]