• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) STRATEGI THINK, WRITE, AND TALK DENGAN MEDIA LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    fisika(5)x_1.pdf (533.2Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Agus Widayoko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lemahnya proses pembelajaran merupakan salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Akibatnya siswa akan kaya dengan teori saja tanpa bisa mengaplikasikan teori tersebut. Fisika merupakan salah satu kajian bidang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang pada hakikatnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bersifat proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Penguasaan sains tidak cukup hanya diperoleh dengan cara belajar dari buku atau hanya sekedar mendengarkan penjelasan dari pihak lain sekalipun mereka guru maupun ahli fisika. Proses untuk menggali atau memahami konsep fisika harus dilakukan untuk menghasilkan suatu produk. Pembelajaran yang berangkat dari pengalaman awal siswa menuju pengalaman IPA Fisika akan membentuk pengetahuan yang lebih bermakna dan lebih mudah diingat, sehingga diharapkan hasil pembelajaran dapat lebih efektif. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu penggunaan model atau strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran dan materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memperoleh suatu konsep sesuai dengan hakikat IPA yang kontekstual adalah Model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning) strategi Think, Write, and Talk yang dibantu dengan media LKS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20869
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository