PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN LAPTOP TOSHIBA DI KOTA JEMBER
Abstract
Perusahaan TOSHIBA dalam melakukan penjualan produknya di pasaran
tergantung pada bagaimana mereka menjaga kualitas produknya, melakukan
promosi agar produknya dapat diterima dipasaran, bagaimana saluran
distribusinya sampai dikonsumen. Dan juga bagaimana perusahaan TOSHIBA
bisa mempertahankan mutu dan kualitas produk yang mereka tawarkan agar
tingkat kepuasan para pelanggannya bisa terjaga dan tidak berpindah kelain merk.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas
produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian dan
kepuasan konsumen laptop Toshiba di Kota Jember.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu penelitian yang
menjelaskan hubungan kausal dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel
melalui pengujian hipotesis atau penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh masyarakat kota Jember yang pernah membeli laptop Toshiba.
Sampel penelitian adalah 100 responden. Metode analisis data menggunakan
SEM.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian laptop Toshiba di Kota Jember. Ada
pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian laptop Toshiba di kota
Jember. Tidak ada pengaruh signifikan promosi terhadap keputusan pembelian
laptop Toshiba di Kota Jember. Ada pengaruh signifikan saluran distribusi
terhadap keputusan pembelian laptop Toshiba di Kota Jember. Ada pengaruh
signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen laptop Toshiba di Kota
Jember. Ada pengaruh signifikan harga terhadap kepuasan konsumen laptop
Toshiba di kota Jember. Ada pengaruh signifikan promosi terhadap kepuasan
konsumen laptop Toshiba di Kota Jember. Ada pengaruh signifikan saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen laptop Toshiba di Kota Jember. Tidak a
da pengaruh signifikan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen laptop
Toshiba di Kota Jember.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga, promosi
dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen
laptop Toshiba di Kota Jember