Show simple item record

dc.contributor.authorSelly Candra Citra Murti
dc.date.accessioned2014-01-22T02:53:17Z
dc.date.available2014-01-22T02:53:17Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210102046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20585
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari IPA yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkapkan segala rahasia dan hukum alam semesta. Permasalahan yang sering terjadi di dalam pembelajaran fisika adalah lemahnya proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Pada umumnya siswa cenderung pasif sehingga membuat siswa kurang mengembangkan keterampilan berfikirnya. Keterampilan berfikir akan berhubungan langsung dengan keterampilan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan alasan di atas maka, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan pemecahan siswa. Salah satu model yang mendukung adalah model Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah: (a)mengkaji pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika terhadap hasil belajar siswa, (b)mendeskripsikan pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan (c)mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar antara siswa kelas model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika dengan kelas tanpa model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika pada pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian adalah eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan hasil uji t dengan bantuan SPSS 16.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102046;
dc.subjectModel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)en_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI LKS KARTUN FISIKA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record