• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI LKS KARTUN FISIKA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (75)_1.pdf (165.9Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Selly Candra Citra Murti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari IPA yaitu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkapkan segala rahasia dan hukum alam semesta. Permasalahan yang sering terjadi di dalam pembelajaran fisika adalah lemahnya proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Pada umumnya siswa cenderung pasif sehingga membuat siswa kurang mengembangkan keterampilan berfikirnya. Keterampilan berfikir akan berhubungan langsung dengan keterampilan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan alasan di atas maka, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan pemecahan siswa. Salah satu model yang mendukung adalah model Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah: (a)mengkaji pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika terhadap hasil belajar siswa, (b)mendeskripsikan pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan (c)mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar antara siswa kelas model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika dengan kelas tanpa model Creative Problem Solving (CPS) disertai LKS kartun fisika pada pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian adalah eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Banyuwangi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan hasil uji t dengan bantuan SPSS 16.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20585
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository