Show simple item record

dc.contributor.authorKiki Nurmasanti
dc.date.accessioned2014-01-22T02:42:25Z
dc.date.available2014-01-22T02:42:25Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210102005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20563
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang menerapkan fenomena-fenomena dan kejadian-kejadian alam, serta berusaha memecahkan persoalan melalui pengalaman dan gambaran pikiran. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran tergolong rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Adapun model yang diterapkan yakni Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mengkaji pengaruh hasil belajar fisika siswa dan retensi belajar fisika siswa antara yang menggunakan Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep dan yang tidak menggunakan Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan randomized posttest only control group. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai nilai Sig. 2-tailed (0,033) < 0,05. Peneliti menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0165, berdasarkan pedoman nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model Inkuiri disertai teknik viii Peta Konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Demikian halnya dengan retensi hasil belajar siswa diperoleh hasil nilai Sig. 2-tailed (0,000) < 0,05. Peneliti menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan (1-tailed), sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000, berdasarkan pedoman nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model Inkuiri disertai teknik Peta Konsep berpengaruh terhadap retensi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102005;
dc.subjectMODEL INKUIRIen_US
dc.titlePENGARUH MODEL INKUIRI DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI ARJASAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record