ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AUTO CARE ARAYA DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Auto Care Araya Di Kota Jember. Penelitian ini merubah
exploratory research yang dilakukan dengan metode survai. Metode pengambilan sampel
menggunakan dengan teknik Simple random sampling yang mana ditentukan terlebih dahulu
beberapa kriteria untuk menjaring responden yang benar-benar memenuhi syarat data
dikumpulkan berdasarkan jawaban responden yang berasal dari daftar pertanyaan (kuesioner)
yang diajukan. Jumlah sample sebanyak 60 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji
instrumen, yaitu uji validitas dan rel;iabilitas, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier
berganda..
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat empat faktor yaitu Bukti fisik (Tangibles),
Empati (Emphaty). Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Keandalan
(Realibility) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan
variabel Empati (Emphaty). Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan
Keandalan (Realibility) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Hanya variabel bukti fisik (Tangibles) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Variabel yang pengaruhnya paling besar dan siginifikan terhadap kepuasan
konsumen keandalan (Realibility).