Show simple item record

dc.contributor.authorEko Junianto
dc.date.accessioned2014-01-22T02:12:46Z
dc.date.available2014-01-22T02:12:46Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20497
dc.description.abstractKegiatan belajar pembelajaran di SDN Pringgondani 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan guru masih memberi ceramah dan tanya jawab serta kurang memanfaatkan media sehingga membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan dalam memahami dan mengembangkan konsep IPS yang telah dipelajarinya. Selain itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus memperoleh pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) adalah suatu model pembelajaran yang berlangsung dalam lingkungan belajar sehingga siswa dalam kelompok kecil saling berbagi ide-ide dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas akademik. Teknik word square adalah teknik pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik word square di kelas IV SDN Pringgondani 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries. 080210204130;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK WORD SQUARE DI KELAS IV SDN PRINGGONDANI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record