PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK WORD SQUARE DI KELAS IV SDN PRINGGONDANI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Pringgondani 02 Jember kurang
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut
disebabkan guru masih memberi ceramah dan tanya jawab serta kurang
memanfaatkan media sehingga membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan
dalam memahami dan mengembangkan konsep IPS yang telah dipelajarinya. Selain
itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus
memperoleh pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, guru kelas harus
membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan
model pembelajaran yang bervariasi.
Model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) adalah suatu model
pembelajaran yang berlangsung dalam lingkungan belajar sehingga siswa dalam
kelompok kecil saling berbagi ide-ide dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas
akademik. Teknik word square adalah teknik pembelajaran yang memadukan
kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada
kotak-kotak jawaban. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model
cooperative learning dengan teknik word square di kelas IV SDN Pringgondani 02
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka,
tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi