PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN GAMBOR BANYUWANGI
Abstract
Sekolah sebagai salah satu pusat kegiatan belajar merupakan tempat untuk
mengembangkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan segala kegiatan
yang dilakukan siswa selama siswa mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah
disusun berdasarkan rancangan pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip atau asas
yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Tanpa adanya aktivitas proses
belajar mengajar tidak dapat berlangsung dengan baik karena pada prinsipnya belajar
adalah berbuat. Aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Gambor pada mata
pelajaran IPS tergolong kategori rendah, rendahnya aktivitas tersebut ternyata
berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu
memecahkan permasalahan di kelas IV, oleh karena itu penelit i bersama guru
sepakat untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated
Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan
Teknologi.
Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi
perkembangan teknologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif
Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor
Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS
materi perkembangan tekologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]