PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA DIGITAL POCKET
Abstract
erkembangan teknologi berkembang demikian pesat dewasa ini,
hal ini menyebabkan
berubahnya kebutuhan, selera dan perilaku konsumen. Konsumen dalam memenuhi
kebutuhannya tidak hanya memepertimbangkan kualitas barangnya saja akan tetapi juga
dipengaruhi oleh suatu dorongan baik dari dalam ( instrinsik) maupun dari luar diri konsumen (
ekstrinsik ). Kamera sebagai alat utama aktifitas Fotografi mengalami perkembangan yang cukup
pesat, terutama pada era digital sekarang ini. Kamera foto beralih dari sistem Analog ( Film )
menuju ke sistem operasional digital.pada Fotografer Amatir di kota Jember untuk mengikuti
perkembangan Teknologi Fotografi merupakan suatu kebutuhan atau bahkan keharusan agar
tidak tertinggal dengan perkembangn teknologi kamera foto. Berdasarkan latar belakang tersebut
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh Motivasi Konsumen terhadap
Keputusan Pembelian Kamera digital Pocket ( Studi kasus Pada Fotografer Amatir di kota
Jember tahun 2007.Selain itu juga ingin mengetahui manakah diantara variabel motivasi
instrinsik dan motivasi ekstrinsik yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan
pembelian kamera digital pocket ( Studi kasus pada Fotografer Amatir di kota Jember ). Metode
penelitian yang digunakan adalah adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah
penelitian secara Purposive area di kota Jember, Metode penentuan responden menggunakan
metode Purposive sejumlah 39 orang, Metode penetuan sampel menggunakan metode Quota
Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis
inferensial yang digunakan meliputi uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Hal ini dibuktikan dengan F
hitung
> F
tabel
sebesar F
hitung
28,331> F
3,2594 4 dan α
= 0,05 dengan sig = 0,000. Secara parsial variabel motivasi instrinsik berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian kamer digital pocket pada Fotografer Amatir di kota Jember yang
dibuktikan dengan t
hitung
4,354> t
tabel
tabel
2,02809 dan α = 0,05 >sig t = 0,000 serta variabel motivasi
ekstrinsik terhadap keputusan pembelian sebesar t
hitung
4,174 > t
2,02809 dan α = 0,05 > sig t
= 0,000. Koefisien determianasi ( R
2
tabel
) sebesar 0,611 yang berarti bahwa motivasi instrinsik dan
motivasi ekstrinsik memberikan sumbangan sebesar 61,1 % terhadap keputusan pembelian
kamera digital pocket pada Fotografer Amatir di kota Jember. Besarnya sumbangan variabel
miotivasi instrinsik ( X
1
)Sebesar 31,5 % dan motivasi ekstrinsik sebesar( X
) sebesar 29,6 %,
dengan demikian proporsi sumbangan terbesar diberikan oleh variabel Motivasi instrinsik ( X
).