Show simple item record

dc.contributor.authorRachmawati, Reny
dc.date.accessioned2014-01-22T00:53:11Z
dc.date.available2014-01-22T00:53:11Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20296
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan guru SDN Tegal Besar 02 Jember dalam menjelaskan materi bahasa Indonesia selalu monoton, dan jarang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, serta penggunaan media yang kurang efektif dan efisien untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa kelas 1 SDN Tegal Besar 02 Jember dengan rata-rata kelas 5,5 dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan adalah 6,5. Siswa yang tuntas mendapatkan nilai hampir sempurna yaitu 75 sampai 85 sekitar 10 anak dari 25 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas berada jauh di bawah nilai standar ketuntasan yaitu sebanyak 15 siswa dari 25 siswa. Jadi, persentase ketuntasan belajar siswa di kelas 1 adalah sebagai berikut, siswa yang tuntas belajar sekitar 40% dan siswa yang tidak tuntas kurang lebih 60%. Siswa dikatakan tuntas secara klasikal, apabila terdapat minimal 75% siswa telah mencapai nilai standar ≥ 65 (SDN Tegal Besar 02, 2010). Media Gambar Tunggal dan Seri merupakan salah satu media yang tergolong dalam media visual yang di dalamnya tertuang dalam bentuk gambar dan media ini dapat digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang berguna dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan kelas 1 SDN Tegal Besar 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2010 sampai dengan 2 Juni 2010 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji aktivitas siswa; (2) uji ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 49,33% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 66,67%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar I7,34%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 63, siklus II meningkat menjadi 67,80 Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 4,80. Hasil belajar siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 52%, siklus II meningkat menjadi 84%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Kesimpulannya hasil belajar siswa kelas 1 SDN Tegal Besar 02 Jember Tahun Pelajaran 2009/20I0 dengan penerapan Media Gambar Tunggal dan Seri mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, aktivitas belajar siswa kelas I SDN Tegal Besar 02 Jember Tahun Pelajaran 2009/20I0 dengan penerapan Media Gambar Tunggal dan Seri mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan hasil belajar siswa dengan Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Membaca melalui Media Gambar Tunggal dan Seri Siswa Kelas 1 SDN Tegal Besar 02 Jember Tahun Pelajaran 2009/20I0 dapat mencapai ketuntasan. Siswa dikatakan tuntas secara klasikal, terdapat minimal 75% siswa telah mencapai nilai sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 65. Jadi, pada pembelajaran dengan menggunakan media gambar tunggal dan seri dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai upaya dalam peningkatana aktivitas dan hasil belajar siswa dalam membaca gambaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0702I02043I8;
dc.subjectKeaktifan, Membaca, Media Gambar Tunggal dan Serien_US
dc.titlePENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA GAMBAR TUNGGAL DAN SERI UNTUK SISWA KELAS 1 SDN TEGAL BESAR 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009/20I0en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record