ENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN JATIAN 01 PAKUSARI JEMBER MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012
Abstract
Pembelajaran berbicara merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran
secara langsung dengan mempertimbangkan proses atau tahapan-tahapan yang
akan dilaksanakan. Proses pembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan
tingkat kelas dan kesulitanya. Melalui pembelajaran ini pula nantinya diharapkan
mampu menciptakan suatu pembelajaran yang nantinya mampu menghasilkan
kemampuan membaca yang mumpuni. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan
pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatian 01 di
ketahui bahwa penguasaan siswa terhadap kemampuan berbicara sangat rendah.
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah meningkatkan
kemampuan berbicara pada materi percakapan melalui telepon / Hand Phone
melalui penerapan metode sosiodrama di kelas IV sekolah dasar negeri Jatian 01
Pakusari Jember tahun ajaran 2011 – 2012. Penelitian ini di laksanakan di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Jatian 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember tahun
ajaran 2011 – 2012 dengan jumlah siswa 35 orang sebagai subyek penelitian
dikarenakan nilai Bahasa Indonesia siswa kelas IV pada semester 1 tahun 2011 –
2012 masih rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis
peneletian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua
siklus.
Setiap siklus di lakukan sebanyak 2 kali pertemuan metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pengambilan data dimulai tanggal
03 Mei 2012. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan
menggunakan lembar observasi menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan
siswa. Aspek yang di ukur adalah aspek kelancaran, intonasi, penghayatan dan
pelafalan.