Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Elis Megawati
dc.date.accessioned2014-01-22T00:26:34Z
dc.date.available2014-01-22T00:26:34Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210402085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20227
dc.description.abstractStandar kompetensi dan kompetensi dasar disesuaikan dengan materi yang akan diujikan dalam ujian nasional. Akan tetapi, tidak semua standar kompetensi dan kompetensi dasar dilakukan secara maksimal. Pihak sekolah dan guru telah menganalisis materi yang sering diujikan dalam ujian nasional dan materi yang sering diujikan tersebut yang lebih diutamakan dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sudah ditetapkan cenderung diabaikan. Setelah melakukan observasi awal, dengan berpedoman bahwa daya serap atau kemampuan minimal dianggap mampu 60%, (BSNP, 2006) terdapat sejumlah kompetensi yang daya serap (penguasaan) siswanya di bawah 60%. Salah satu contoh kompetensi yang daya serapnya di bawah 60% yaitu menentukan ide pokok (37,48%). Hal tersebut, mengindikasikan bahwa tingkat kesulitan soal yang terkait dengan kompetensi tersebut tinggi sekaligus bermakna kompetensi tersebut belum dikuasai oleh siswa. Sedangkan kompetensi yang daya serapnya di atas 60% yakni menentukan kalimat utama (89,62%) mengindikasikan bahwa kompetensi yang diujikan telah dikuasai oleh siswa. Hal tersebut, juga berpengaruh terhadap nilai ratarata hasil ujian nasional. Pernyataan di atas menjadi permasalahan disusunnya penelitian ini. Oleh karena itu,dibutuhkan informasi untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada hasil ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia, faktor penyebab ketercapaian viii dan ketidaktercapaian kompetensi yang diujikan dan solusi khusus untuk meningkatkan hasil ujian nasional pada tahun selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan ex post facto (sesudah kejadian). Populasi penelitian adalah SMA/MA negeri dan swasta di kabupaten Banyuwangi dengan mempertimbangkan keterwakilan SMA/MA di kabupaten Banyuwangi yang nilai bahasa Indonesianya tertinggi - letak SMA/MA yang berada di kota – SMA/MA yang tidak lulus terbanyak baik SMA/MA negeri maupun swasta. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan analisis ketercapaian kompetensi ujian nasional mulai dari tahun 2008 hingga 2010 menunjukkan bahwa presentase ketercapaian kompetensi matapelajaran bahasa Indonesia untuk jurusan IPA lebih tinggi daripada jurusan IPS artinya pada jurusan IPA untuk memahami soal ujian nasional yang terkait kompetensi dasar yang diujikan lebih mudah dipahami sedangkan untuk jurusan IPS lebih sulit memahami soal yang terkait kompetensi yang diujikan. Berdasarkan hasil angket dan wawancara, ditemukan adanya faktor penyebab tercapainya SK matapelajaran bahasa Indonesia yang berasal dari siswa yaitu: tingkat kemudahan KD dan ketertarikan siswa terhadap materi yang terkait dengan KD yang diajarkan. Faktor penyebab tercapainay SK matapelajaran bahasa Indonesia yang berasal dari guru yaitu: ketepatan pengembangan materi sesuai KD yang ada di dalam kurikulum, ketepatan pengembangan media pembelajaran sesuai dengan KD yang ada di dalam kurikulum, dan penguasaan materi terhadap KD yang akan diajarkan. Sedangkan faktor penyebab tidak tercapainya SK matapelajaran bahasa Indonesia yaitu tingkat kesulitan KD dan rendahnya kertarikan siswa terhadap materi yang terkait dengan kompetensi dasar yang diajarkan. Solusi khusus untuk meningkatkan hasil ujian nasional matapelajaran bahasa Indonesia yaitu dengan memetakan materi. Pemetaan materi tersebut, bertujuan untuk memperoleh gambaran secara keseluruhan kompetensi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210402085;
dc.subjectKetercapaian Kompetensien_US
dc.titleKetercapaian Kompetensi Matapelajaran Bahasa Indonesia Pada Hasil Ujian Nasional SMA/MA di Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2007/2008, 2008/2009, dan 2009/2010; Indah Elis Megawati, 090210402085en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record