PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER
Abstract
Pendidikan merupakan segala usaha yang telah dilakukan dengan sadar
dan bertujuan mengubah tingkah laku manusia kearah yang lebih baik dan sesuai
dengan yang diharapkan. Pendidikan akan merangsang kreativitas seseorang agar
sanggup menghadapi tantangan-tantangan alam, masyarakat, teknologi serta
kehidupan yang semakin kompleks. Salah satu unsur yang perlu disoroti untuk
meningkatkan kualitas pendidikan adalah efektivitas metode pembelajaran.
Metode pembelajaran memiliki dua aspek yang paling menonjol yakni metode
mengajar dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Dengan
menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat menimbulkan minat
sekaligus kreativitas dan motivasi siswa dalam mempelajari biologi, sehingga
siswa dapat memperoleh manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil
belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model
pembelajaran problem solving yang di kombinasikan dengan media animasi flash
terhadap motivasi belajar, hasil belajar dan juga efektivitas pembelajaran
khususnya pada pokok bahasan sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Tanggul Jember
kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2010/ 2011.