PENGARUH IKLAN CAMERA MERK CANON
Abstract
Iklan yang terdiri dari isi iklan, struktur iklan, format iklan, dan sumber
iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kamera Canon yang
selanjutnya akan mempengaruhi keputusan konsumen. Isi Iklan yang baik dapat
meningkatkan keputusan konsumen dan akhirnya meningkatkan kepuasan
konsumen. Isi iklan merupakan apa yang dikatakan pada audiens. Isi iklan
haruslah tema yang menarik. Isi iklan yang baik akan meningkatkan ketertarikan
konsumen terhadap suatu produk sehingga isi iklan dapat mempengaruhi
keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
iklan yang terdiri isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan secara
simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk Canon
Penelitian ini dikategorikan sebagai exsplanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat perkotaan Kabupaten Jember yang meliputi
Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates yang pernah melihat dan
memahami iklan kamera sumber pesan Canon di media cetak dan media
elektronik. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 60 responden.
Metode analisis data menggunakan regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk kamera Canon. Isi pesan pada iklan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian produk kamera Canon. Struktur pesan
pada iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kamera
Canon. Format pesan pada iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk kamera Canon. Sumber pesan pada iklan tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian produk kamera Canon.