dc.description.abstract | Berdasarkan hasil dari Praktek Kerja Nyata yang dilakukan di KSP “Delta Surya
Purnama” Cabang Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Calon anggota sebelum melakukan proses pencairan kredit, diwajibkan untuk memenuhi
persyaratan administrasi simpanan yaitu dengan membayar Simpanan Pokok, lalu dilanjutkan
dengna Simapan Wajib pada setiap bulannya setelah benar-benar menjadi anggota di KSP
“Delta Surya Purnama” Cabang Jember.
Kemudian calon anggota diharuskan untuk menjalani prosedur-prosedur dalam proses
pengajuan dan pencairan kredit simpan pinjam pada KSP “Delta Surya Purnama” Cabang
Jember yaitu antara lain :
1. Prosedur pengisian surat Permintaan Pinjaman
Pada tahap ini calon peminjam mengajukan dan mengisi Surat permohonan Pinjaman
yang ditandatangani oleh ketua KSP “Delta Surya Purnama” Cabang Jember.
2. Prosedur Pengisian Surat Perjanjian Pinjaman
Pada tahap ini calon peminjam mengisi formulir Surat Perjanjian Pinjaman yang berisi
perjanjian-perjanjian yang harus ditaati oleh peminjam
3. Setelah melalui prosedur-prosedur pengisian administrasi, maka dibuat dan diisi Bukti
Kas Keluar (BKK)
4. Berdasarkan BKK tersebut, maka isi transaksi dicatat dan dilanjutkan dengan
menjurnalkan, lalu mengentri ke dalam computer.
5. Setelah BKK dibuat, maka dibuatkan Bukti Kas Masuk (BKM). Prosesnya sama
dengan BKK yaitu dicatat dan dilanjutkan dengan menjurnalkan, lalu mengetri ke
dalam computer. Berbeda dengan BKK, BKM ini masuk pada kolom debet.
6. Membuat laporan neraca mutasi.
7. Mencetak laporan neraca pada setiap periode. | en_US |