dc.description.abstract | Puisi merupakan salah satu bahan pembelajaran sastra di SD yang juga
merupakan salah satu materi pembelajaran yang sulit, karena siswa belum mampu
memadukan antara lafal, intonasi serta ekspresi yang diharapkan dapat
menggambarkan makna dari puisi yang dibaca siswa. Salah satu cara untuk
meningkatkan kemampuan membaca puisi, guru harus berperan aktif untuk
menciptakan beberapa pendekatan dan media pembelajaran. Berdasarkan kenyataan
di atas perlu kiranya diadakan perbaikan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia.
Untuk itu, salah satu hal utama yang harus dimiliki oleh guru dalam pembelajaran
membaca puisi tepatnya memilih metode untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah
satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Student Facilitator and Explaining.
Tipe Student Facilitator and Explaining adalah model pembelajaran yang
mengajarkan siswa untuk dapat mempresentasikan ide/pendapatnya tentang materi
pembelajaran. Tipe ini dapat juga digunakan dalam pembelajaran membaca puisi,
siswa dapat mempresentasikan ide/pendapatnya seharusnya dapat membacakan puisi
disertai dengan lafal, ekspresi wajah, serta intonasi sesuai dengan isi puisi. | en_US |