• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DAN BAYI MISKIN DI PUSKESMAS KEBONDALEM KECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Yurike Febnesia Sari_1.pdf (849.0Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Yurike Febnesia Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pelayanan kesehatan di puskesmas Kebondalem kurang efektif, hal ini mengacu pada undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang memiliki 9 (sembilan) komponen standar pelayanan dan juga pada asas-asas pelayanan publik berdasarkan keputusan MENPAN No. 63 tahun 2003. Faktor penyebab kurang efektivnya pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas Kebondalem adalah kurang trasparannya tarif pelayanan, prosedur dan alur pelayanan kesehatan. Kurang kondisionalnya pelayanan medis bagi pasien yang akan dirujuk, kurang akuntabelnya waktu pemberian pelayanan dan waktu pada proses penanganan pengaduan yang kurang cepat,dan pendataan Jamkesmas yang kurang akurat, pelayanan medis bagi ibu hamil yang terdapat pada pustu Sukorejo yang kurang berkualitas karenamasih tradisionalnya pemeriksaan kehamilan yang digunakan serta kurangnya kesadaran pasien baik ibu hamil maupun orang tua bayi untuk memeriksakan kehamilan dan imunisasi pada bayi yang ditunjukkan dari data kunjungan selama tiga tahun terakhir antara tahun 2009-2011. Jumlah antara kunjungan ibu hamil, persalinan, dan jumlah bayi yang diimunisasi di puskesmas Kebondalem tidak berbanding lurus, hal itu yang menyebabkan asumsi bahwa tidak semua ibu hamil melakukan persalinan di puskesmas dan tidak semua bayi yang diimunisasi lahir di puskesmas Kebondalem. Faktor-faktor yang menyebabkan kurang efektifnya pelayanan kesehatan yang diberikan dapat diperbaiki dengan menambah media pengumuman tentang persyaratan untuk mendapatkan pelayanan dan keterangan yang rinci dibawah papan alur pelayanan atau menambah petugas seperti customer service. Untuk memperlancar proses pelayanan, petugas pelayanan datang lebih awal dari jam operasional yang ada. Menambah alat-alat medis yang lebih modern serta melakukan peningkatan usaha promotif dengan sosialisasi melalui tanya jawab langsung kepada masyarakat miskin terutama pada ibu hamil dan orang tua bayi mengenai pentingnya kesehatan ibu dan bayi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19925
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository